Prosedur Penanganan Laporan Abuse

Berikut ini prosedur operasional penanganan laporan abuse domain yang diterima oleh IDDigital:

  • Phishing
    Saat menerima laporan domain digunakan untuk phishing, IDDigital akan segera men-suspend domain tersebut serta memberitahukan kepada reseller tempat domain terdaftar dan merespon email dari pelapor.
    Solusi:
    Domain bisa di-unsuspend jika link phishing telah dihapus. Jika nama domain jelas mengindikasikan tindakan phishing, domain tidak bisa diunsuspend.
  • Perjudian
    Domain yang diindikasikan digunakan untuk tindak pidana perjudian akan disuspend. IDDigital juga akan mengirimkan email pemberitahuan ke reseller dan email konfirmasi kepada pelapor.
    Solusi:
    Domain bisa di-unsuspend jika konten perjudian telah dihapus. Jika nama domain jelas mengindikasikan perjudian, domain tidak bisa di-unsuspend namun domain bisa ditransfer keluar dari IDDigital.
  • Investasi Bodong
    Berdasarkan laporan dari BAPPEBTI, IDDigital akan men-suspend domain yang digunakan untuk kegiatan investasi secara ilegal dan akan mengirimkan email pemberitahuan ke reseller.
    Solusi:
    Domain hanya bisa di-unsuspend berdasar permintaan dari BAPPEBTI.
  • Pornografi
    Domain yang digunakan untuk aktifivitas pornografi akan disuspend. Kemudian IDDigital akan mengirimkan email pemberitahuan ke reseller dan konfirmasi ke pelapor.
    Solusi:
    Domain bisa diunsuspend jika konten pornografi telah dihapus. Jika nama domain mengandung unsur pornografi, domain tidak bisa di-unsuspend tetapi bisa ditransfer keluar DRI.
  • Fraud/Scam
    Email laporan akan diteruskan kepada reseller dan DRI mengikuti aturan dari reseller, dan pelapor mendapatkan konfirmasi. Untuk laporan penipuan, suspend domain hanya dapat dilakukan apabila ada perintah pengadilan, atau minimal ada laporan kepolisian
    Solusi:
    Domain tidak disuspend, keputusan ada di pihak reseller.
  • Pelanggaran Merk/Hak Cipta
    IDDigital akan mengirimkan email pemberitahuan kepada reseller dan kemudian mengirimkan email konfirmasi kepada pelapor.
    Solusi:
    Untuk perebutan nama domain akan direkomendasikan melalui jalur PPND.
  • Malware
    IDDigital akan mengirimkan email pemberitahuan ke reseller serta email konfirmasi kepada pelapor. Jika dalam rentang waktu 6-24 jam konten malware tidak dihapus, domain akan disuspend.
    Solusi:
    Domain bisa aktif kembali jika konten yang mengandung malware telah dibersihkan/dihapus.
  • Inappropriate Content dan atau DMCA
    IDDigital akan meneruskan email laporan kepada reseller dan pelapor akan mendapatkan email konfirmasi. Domain tidak disuspend karena konten ada di sisi hosting.
  • Laporan terkait konten penjualan obat
    Email laporan akan diteruskan kepada reseller dengan memberi jangka waktu 2×24 jam bagi reseller untuk dapat memberikan Surat Ijin Apotik atas konten yang dilaporkan. Domain akan disuspend jika pemilik tidak bisa memberikan SIA (Surat Ijin Apotik) setelah lewat masa waktu yang diberikan.
  • Spam
    Email laporan akan dikirimkan ke reseller dan pelapor mendapatkan konfirmasi. Domain tidak disuspend oleh DRI.

Untuk domain yang telah disuspend beberapa kali, domain bisa disuspend permanen jika kejadiannya terus terulang. Solusi untuk suspend permanen adalah transfer domain keluar dari IDDigital.